Scroll untuk baca artikel
Banner 325x250
Banner Sticky Kiri 120x600
Banner Sticky Kiri 120x600
Banner 1024x250
HeadlineNasionalPOLRI

Mobil Agen Gas Elpigi 3 Kg Turunkan Tabung di Arteri Weleri, Bukan di Pangkalan

48
×

Mobil Agen Gas Elpigi 3 Kg Turunkan Tabung di Arteri Weleri, Bukan di Pangkalan

Sebarkan artikel ini
Oplus_131072
Banner 960x80

Mobil Agen Gas LPG 3 Kg PT. Fajar Usaha Baru  sedang mendistribusikan gas LPG 3 kg di jalan Arteri Weleri ke mobil cary warna putih, Kamis 30/5/2024

TINTAHITAMNEWS.COM, Kendal, Dalam kurun waktu beberapa bulan terakhir masyarakat dibuat resah karena hilangnya gas LPG 3 kg dari pasaran dan tingginya harga gas LPG 3 kg jauh melebihi HET yang ditetapkan pemerintah.

Example 300x600

Mungkin ini salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan dan tingginya harga LPG 3 kg.

Pada hari Kamis, 30 Mei 2024 di Jl. Arteri Weleri ditemukan mobil Agen LPG dengan tulisan PT. Fajar Usaha Baru tengah mendistribusikan Gas LPG 3 kg ( bersubsidi ) ke mobil carry warna putih  dan ternyata itu akan didistribusikan ke 2 armada cary lainnya, dalam kurun waktu yang bersamaan.  Saat ditanya alasan menurunkan Gas LPG dipinggir jalan adalah letak pangkalan yang tidak terjangkau oleh mobil agen. Lalu salah satu dari mereka menunjukkan kalau pangkalan tersebut ada dibelakang dari tempat mobil tersebut mendistribusikan. Setelah menceritakan kegiatan ini SDH berlangsung setahunan DG harga 16.500,- dan tidak bisa menjelaskan kenapa harhanya segitu dia menelepon orang kepercayaan agen, yang setelah datang memperkenalkan diri sebagai kepala operasional agen  dengan inisial A lalu mengatakan bahwa ini pangkalan milik dia, dan mobil laiinya adalah pangkalan juga. Dalam keterangannya  A mengatakan bahwa selain kepala operasional A juga  sub agen, dari agen harga 14.250 ribu lalu dijual ke pangkalan oleh sub agen sebesar 16.500 ribu.

Muhammad Sunoto Hanan yang saat itu ada di TKP mengatakan,” pendistribusian gas LPG yang sah sudah jelas dari SPBE ke Agen lalu ke Pangkalan dan berakhir di Konsumen. Dari hal tersebut si A sudah jelas memperpanjang rantai distribusi  padahal dalam pendistribusian LPG 3kg bersubsidi tidak ada sub agen,” jelasnya.

” Yang menjadi kejanggalan lagi adalah gas LPG 3 kg tersebut diturunkan tidak dilokasi titik pangkalan tapi malah dilimpahkan ke 3 unit mobil cary yang sudah stanbay dipinggir jalan raya arteri Weleri sebelum mobil dari agen datang. Hal ini jelas menimbulkan kecurigaan dari kami kalau gas tersebut diduga dijual ke wilayah diluar kendal. Siapa yang menjamin kalau LPG tersebut sampai ke pangkalan di wilayah Kendal ,” imbuhnya.

Tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Nomor 99.K/MG.05/DJM/2023 dimana Agen LPG 3kg subsidi harus menyediakan minimal 1armada truk dan 1 armada pikup untuk menjangkau lokasi yang tidak bisa dijangkau oleh truk. Padahal menurut keterangan supir bahwa agen tersebut hanya miliki 1 unit truk saja. Kemudian dalam perekrutan pangkalan ternyata menggunakan koneksi orang dalam sehingga tidak menggunakan SOP secara benar,” jelasnya.

” pangakalan milik si A yang merangkap sebagai pejabat agen dan mengaku sebagai sub agen itu berada di dalam rumah yang terbuat dari papan, diletakkan dalam rumah menjadi satu dengan ruang tamu, ini sangat rawan sekali dan anehnya lolos menjadi salah satu pangkalan agen tersebut bahkan menurut keterangan A ini adalah sub agen yang dikelola dengan kebijakan pribadi,” katanya.

” Kami akan terus kawal dan kembangkan kasus ini sampai ke akarnya. Kami juga akan ke Pertamina untuk audiensi terkait temuan kami agar kami tau regulasi terbaru untuk pendistribusian LPG 3 kg. Apabila dalam hal ini ditemukan tindak pidana maka kami akan menghimbau Aparat Penegak Hukum untuk menindak tegas oknum yang merugikan negara yang menyengsarakan rakyat,” pungkasnya.

RED

banner 325x300
Banner Sticky Kiri 120x600

Tinggalkan Balasan

banner 325x325